an auditor energi dan manajer energiPELATIHAN DAN SERTIFIKASI

Kurikulum. Dalam setiap pelatihan auditor energi dan manajer energi yang diselenggarakan, modul dirancang sesuai dengan standar internasional ISO 50002 (audit energi) dan ISO 50001 (sistem manajemen energi) dan mengacu pada standar nasional SKKNI yang berlaku di Indonesia.

Metode serta trainer pelatihan auditor energi dan manajer energi.

Modul training dipaparkan secara interaktif dengan metode dialog, sharing, studi kasus dan/atau praktek lapangan dan dipandu oleh tim instruktur yang terdiri dari auditor energi berpengalaman lebih dari 13 tahun melakukan audit energi di berbagai jenis industri dan bangunan gedung. Praktek lapangan dilakukan dengan kunjungan langsung ke industri atau laboratorium yang sesuai.

Peserta pelatihan auditor energi dan manajer energi.

Pelatihan ini dapat diikuti oleh dosen, konsultan dan karyawan industri dari departemen maintenance, engineering, operation, production, lean department, internal energy auditor dan manajer energi.

Sertifikasi auditor energi dan manajer energi.

Sertifikasi keahlian auditor dan manajer energi dilakukan oleh BNSP dengan menunjuk lembaga sertifikasi profesi (LSP) yang telah mendapat lisensi sebagai pelaksana sertifikasi atau asesmen. 3 LSP yang ada adalah LSP HAKE, LSP Energi dan LSP BPSDM.

Energy auditor/manager associate. Setiap peserta yang mengikuti pelatihan dan sertifikasi auditor energi memiliki kesempatan untuk bergabung di dalam asosiasi auditor energi. Sebagai sarana komunikasi, asosiasi digunakan untuk sharing dan wadah untuk meningkatkan kompetensi keahlian yang dimiliki. Juga tidak menutup kemungkinan melakukan sharing project bersama-sama.

AUDIT ENERGI

Audit energi dilakukan oleh team auditor energi bersertifikat dengan latar belakang pendidikan yang sesuai dengan scope audit energi. Auditor energi memiliki banyak pengalaman dalam menangani berbagai macam industri sehingga menghasilkan rekomendasi penghematan energi yang terukur. Tujuan dilakukan audit energi adalah untuk memotret kondisi penggunaan energi existing, tergolong hemat, efisien atau tidak, mengacu pada standar atau benchmark yang dipakai. Kemudian menentukan langkah penghematan yang dapat dilakukan.

SETUP SISTEM MANAJEMEN ENERGI ISO 50001

Manajemen energi diperlukan untuk menjamin keberlanjutan program penghematan energi yang telah dicanangkan. Sistem Manajemen Energi (SME) ISO 50001 menyediakan:

  • Kerangka untuk memetakan penggunaan energi yang signifikan
  • Rencana aksi untuk memperbaiki kinerja energi secara berkelanjutan
  • Kerangka structural dan organisasional untuk menjaga perbaikan kinerja energi sepanjang waktu dan tidak tergantung pada perubahan personil
  • Kerangka berbasis pasar dan metodologi praktek-praktek terbaik untuk mengintegrasikan program efisiensi energi pada budaya korporasi industri dan praktek manajemen sehari-hari.


Call to Action